Minggu, 10 Juni 2018

Enak Sehat, Tambahkan 4 Bahan Super Ini untuk Kue Kering Lebaranmu!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Bahan-tambahan-kue-kering-sehat-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Phoebe

DokterSehat.Com– Kue kering jenis apa yang menjadi favorit Anda saat lebaran tiba? Ya, memang ada berbagai jenis kue kering yang khas menghiasi meja saji saat lebaran.

Kira-kira, dari berbagai jenis pilihan kue tersebut, kue kering seperti apa sih yang bisa disebut sehat?

Setelah sebulan penuh berpuasa, memang ada berbagai jenis makanan, utamanya kue kering yang seakan menggoda untuk kita coba. Akan tetapi, memilih atau membuat kue kering tentu sebaiknya diutamakan yang sehat ya.

Agar kue kering yang kita konsumsi sehat, salah satu cara paling jitu adalah dengan memilih bahan baku tambahan yang tepat. Bahan baku tambahan yang dimaksud disini adalah bahan utama yang membuat suatu kue kering tersebut menjadi khas.

Bahan baku tambahan yang sehat adalah bahan baku yang dapat meningkatkan kadar gizi, baik vitamin, mineral, fitonutrien maupun serat dalam tubuh.

Hal ini bisa dilakukan dengan menentukan isi atau campuran utama kue kering berupa buah, kacang-kacangan atau bahan baku berkarbohidrat yang tinggi serat lainnya.

Nah, agar lebih jelas, yuk kita simak bahan makanan apa saja yang enak dan sehat untuk ditambahkan dalam kue kering lebaran di bawah ini!

1.Kacang-kacangan

Anda penggemar kue kering kacang? Jika ya, maka pilihan Anda sudah termasuk pilihan yang tepat. Potongan kecil kacang atau kacang mix yang dicampurkan dalam kue kering menjadi pilihan kue kering yang super sehat.

doktersehat-kacang

Kacang memiliki kandungan serat yang hampir setara dengan buah-buahan, selain itu kandungan protein dan fitonutrien yang ada pada kacang membuatnnya layak dijadikan pilihan camilan, salah satunya adalah bahan baku kue kering.

Ada cukup banyak kacang yang bisa digunakan sebagai kue kering, misalnya kacang almond, mete atau kacang tanah.

2.Buah, baik berupa buah kering atau selai buah

Anda penggemar nastar? Nastar adalah salah satu kue khas lebaran yang berisi selai buah nanas di dalamnya yang merupakan salah satu varian tambahan bahan yang cukup sehat.

doktersehat-selai
Photo Credit: Flickr.com/ Erich Ferdinand

Selai buah alami memiliki kandungan vitamin, mineral, serat dan fitonutrien yang bisa memberikan asupan gizi untuk penuhi kebutuhan tubuh.

Selain selai buah, penambahan buah kering seperti kismis atau kurma kering sebagai bagian dari topping kue kering bisa jadi pilihan bahan tambahan kue kering yang super sehat. Pastikan bahwa selai buah ataupun buah kering yang Anda tambahkan tidak menggunakan banyak gula buatan ya.

3.Dark chocolate

Cokelat yang biasanya rasanya sangat manis bisa Anda tambahkan sebagai bahan untuk kue kering, asalkan jenis cokelat yang dipilih adalah cokelat hitam, ya. Cokelat hitam terbukti memiliki kandungan antioksidan dan fitonutrien yang lebih tinggi dari jenis cokelat lainnya.

Bahan-baku-kuker-sehat-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ SamahR

Selain itu, kandungan gula yang ada pada dark chocolate juga cukup rendah. Hal ini yang membuat cokelat hitam lebih unggul dari cokelat jenis lainnnya.

4.Oatmeal

Bingung ingin menambahkan rasa apa karena ingin mendapatkan rasa alami yang gurih? Kepingan oat bisa jadi pilihan yang tepat karena cenderung memiliki rasa yang netral namun tetap kaya serat.

Anda bisa menambahkan rasa manis alami seperti kayu manis atau sari buah untuk bahan baku kue kering yang Anda buat dengan tambahan oatmeal untuk menambah cita rasa nikmat pada kue kering.

Selain itu, oatmeal cenderung cocok ditambahkan pada berbagai jenis kue kering yang dipadukan dengan buah kering, cokelat hitam hingga kacang-kacangan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar