Sabtu, 09 Juni 2018

Cara Mudik dengan Sepeda Motor yang Aman dan Sehat

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat mudik dengan motor
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Saat sedang mudik Lebaran, beberapa orang lebih memilih untuk melakukan perjalanan dengan kendaraan umum seperti bus atau kereta dengan alasan kesehatan dan kepraktisan. Sementara itu jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi jumlahnya juga tidak sedikit.

Kalau Anda adalah tipe pemudik yang lebih suka menggunakan kendaraan pribadi karena bisa mudik kapan saja dan lebih hemat, persiapkan segalanya dengan matang. Jangan mudik dengan mendadak karena bisa membuat tubuh mengalami gangguan dan perjalanan mudik akan terhambat.

Oh ya, khusus Anda yang melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor, persiapkan beberapa hal di bawah ini agar puasanya tetap berjalan dan bisa sampai rumah dengan selamat.

  1. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat

Sebelum memutuskan untuk berangkat mudik dengan menggunakan sepeda motor, pastikan untuk memeriksakan kondisi tubuh. Kalau Anda sedang sakit entah itu flu atau gangguan lainnya, sebisa mungkin untuk menyembuhkan kondisi itu terlebih dahulu.

Kalau kondisi tubuh sudah membaik, Anda bisa melakukan mudik dengan lebih aman dan lancar. Anda tidak perlu takut tidak kuat di jalan karena selama tubuh masih fit, Anda tidak akan mudah capai selama perjalanan.

Karena sekarang sudah H-5, segera perbaiki kondisi tubuh. Tidur dengan nyenyak setiap hari. Jika dibutuhkan segera minum multivitamin agar tubuh semakin sehat.

  1. Gunakan pakaian yang tepat

Saat sedang mudik dengan kendaraan bermotor, paparan sinar matahari akan langsung mengenai tubuh. Kondisi ini bisa memicu tubuh menjadi lebih panas dan berkeringat. Kalau tubuh terus berkeringat selama perjalanan, Anda akan mudah sekali mengalami dehidrasi.

Pakailah pakaian yang nyaman dan tidak terlalu tebal. Bagian luar tetap menggunakan jaket dan pelindung agak tebal di dada untuk menghindari masuk angin akibat Anda bergerak terlalu cepat di jalanan.

Anda boleh membawa pakaian ganti kalau perjalanan agak jauh. Pakaian ini bisa dipakai kalau pakaian pertama terlalu basah akibat keringat dan bisa memicu gatal-gatal.

  1. Bawa perbekalan yang cukup

Selalu bawa perbekalan yang cukup saat akan mudik dengan menggunakan sepeda motor. Bawa makanan  yang awet dan bisa disantap di sepanjang perjalanan. Anda bisa berbuka puasa di jalan dengan lebih santai sebelum berhenti ke warung untuk makan yang lebih baik.

Oh ya, jangan lupakan obat-obatan standar seperti obat anti nyeri dan obat-obatan pribadi jika ada.

  1. Wajib beristirahat di tengah perjalanan

Melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum sangat berbeda. Kalau dengan kendaraan umum semisal bus atau kereta, Anda hanya akan duduk diam dan tidak terlalu banyak bergerak.

Kalau dengan sepeda motor Anda akan ikut bergerak ke sana ke mari sehingga tubuh jadi lebih capai. Beristirahatlah setiap melakukan perjalanan selama 2 jam. Kalau Anda tidak kuat, beristirahatlah saat tubuh mulai capai.

Istirahat tidak perlu lama, cukup duduk selama 5-10 menit agar tubuh lebih relaks dan tidak kaku. Selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan agar cepat sampai tujuan.

  1. Jangan membawa barang terlalu banyak

Karena mudik dengan sepeda motor pasti banyak gangguan di jalan khususnya masalah pergerakan, usahakan untuk tidak membawa banyak barang. Lebih baik membawa barang seperlunya saja yang bisa menunjang perjalanan mudik.

Saat sedang mudik, usahakan untuk berangkat lebih pagi saja. Anda tidak akan menemui panas terlalu lama di jalan kalau lokasi kampung halaman tidak terlalu jauh. Hindari mudik saat malam karena Anda butuh tidur agar selalu sehat.

Semoga bermanfaat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar