Selasa, 17 April 2018

Mengenal Diastasis Recti, Otot Perut yang Kendur Setelah Melahirkan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-kehamilan-mengecat-rambut-berbahaya

DokterSehat.Com– Ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita ketika hamil, salah satunya adalah otot perut. Otot perut ibu hamil bisa mengalami pemisahan pada bagian tengah atau yang disebut dengan perut kendur atau diastasis recti abdominis. Berbahayakah kondisi tersebut apda kehamilan?

Apa itu diastasis recti?

Diastasis recti adalah kondisi dimana otot perut ibu hamil terpisah akibat kehamilan yang semakin besar. Otot perut bertugas untuk menopang janin di bagian tengah. Karena otot perut juga berkaitan dengan otot punggung, maka ketika otot perut terpisah, kadang ibu juga mengalami nyeri punggung dan kesulitan menahan kencing karena lemahnya otot perut.

Penyebab diastasis recti

Diastasis recti terjadi akibat pertumbuhan janin selama kehamilan. Saat hamil, ruang di perut sangat terbatas sementara gerakan janin tidak bisa diprediksi. Gerakan tersebut menyebabkan otot-otot perut harus menyesuaikan diri sehingga kadang tidak dapat mempertahankan bentuknya.

Semakin besar usia kehamilan. tekanan rahim semakin besar dan menyebabkan otot-otot sixpack akan melebar dan menghasilkan jarak di antara keduanya. Kondisi ini umumnya terjadi pada trimester ketiga atau setelah persalinan.

Menurut para pakar, wanita dengan kondisi kesehatan tertentu memiliki risiko untuk mengalami diastasis recti, yaitu wanita dengan usia kehamilan di atas 35 tahun, wanita bertubuh pendek dan wanita yang mengalami kehamilan kembar.

Diastasis recti sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja kadang menyebabkan para wanita tidak percaya diri karena perut selalu tampak buncit meskipun setelah melahirkan. Salah satu akibat dari komplikasi ini adalah dapat memicu terjadinya hernia.

Mengatasi diastastis recti

Sebenarnya diastasis recti dapat menghilang dengan sendirinya, namun para ahli menyarankan agar wanita dengan diastasis recti melakukan latihan fisik untuk menjalani pemulihan otot perut.

Namun sebaiknya konsultasikan dengan ahli terapi fisik mengenai jenis olahraga yang dibutuhkan karena setiap wanita mungkin membutuhkan penanganan yang berbeda. Pada kondisi yang parah, dokter atau terapis mungkin akan merekomendasikan operasi untuk mengatasi perut kendur.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar