Selasa, 06 Maret 2018

Kenali 3 Pemicu Terjadinya Gangguan Intoleransi Makanan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

susu-doktersehat
Source: Mother Jones

DokterSehat.Com– Mungkin masih banyak yang masih bingung mengenai perbedaan antara intoleransi makanan dan alergi makanan. Ya, alergi dan intoleransi adalah dua hal yang tidak sama.

Perbedaan Gejala Alergi dan Intoleransi Makanan 

Reaksi dan gejala keduanya sangat berbeda pada tubuh kita. Penyebab terjadinya kedua kondisi tersebut memang sama-sama karena makanan, namun ada beberapa perbedaan jenis makanannya.

Pada reaksi alergi, tubuh akan menolak kandungan protein tertentu yang ada pada suatu bahan makanan. Sehingga makanan yang dapat menyebabkan alergi adalah makanan berprotein tinggi seperti susu, telur, kacang dan biji-bijian.

Sedangkan pada reaksi intoleransi, makanan yang menyebabkan timbulnya reaksi adalah makanan yang memerlukan suatu enzim khusus untuk mencernanya.

Bahan Makanan Pemicu Intoleransi

Menurut British Dietitian Association, beberapa jenis bahan makanan yang dapat menyebabkan intoleransi adalah:

1.Makanan yang mengandung laktosa

Kandungan ini umumnya ada pada susu dan beberapa produk lainnya, seperti obat tablet, dengan kandungan laktosa didalamnya. Pada makanan ini tubuh memerlukan enzim laktosa untuk mencernanya.

2.Makanan dengan kandungan vasoaktif-amin

Kandungan vasoaktif-amin terdapat pada beberapa bahan makanan seperti minuman anggur merah, ikan tuna dan ikan makarel.

3. Makanan dengan bahan tambahan pangan

Makanan dengan penambahan bahan pangan seperti salisilat, glutamate dan tambahan lainnya. Beberapa bahan tambahan yang sering menyebabkan intoleransi adlaah benzoate, sulfit dan monosodium glutamate.

Selain bahan makanan diatas, menurut Medical Education terkait Manifestasi Alergi Makanan yang dikeluarkan oleh Ikatan Dokter Indonesia, makanan yang mengandung kontaminasi bekteri atau kandungan alami yang berpotensi menjadi racun pada tubuh, misalnya pada keju yang sudah lama terdapat kandungan tiramin, juga dapat menyebabkan intoleransi makanan.

Dengan mengetahui bahan makanan apa saja yang menjadi pencetus terjadinya intoleransi makanan kita dapat lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan utamanya jika kita telah memiliki riwayat intoleransi sebelumnya.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar