Sabtu, 24 Februari 2018

Seperti Apa Dampak Minum Kopi Bagi Risiko Diabetes

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-kopi-demensia

 

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang kini menjadi ancaman kesehatan global adalah diabetes. Jumlah penderita diabetes disebut-sebut semakin bertambah setiap tahunnya akibat dari gaya hidup manusia modern yang semakin buruk, khususnya dalam hal pola makan. Untungnya, diabetes termasuk dalam penyakit yang bisa dicegah, tepatnya dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu cara mudah dan enak yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya diabetes adalah dengan rutin minum kopi.

Pakar kesehatan dr. Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD menyebutkan bahwa telah ada penelitian yang membuktikan bahwa rutin minum kopi bisa menurunkan risiko terkena diabetes hingga 10 persen. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan gula pada kopi yang kita minum karena jika kita menambahkan gula, maka kadar gula darah bisa meningkat dan hal ini mampu meningkatkan risiko diabetes.

Sebagai informasi, konsumsi kopi yang bisa menurunkan diabetes adalah kopi hitam tanpa gula. Selain itu, ada baiknya kita mematuhi rekomendasi WHO yang menyarankan kita untuk membatasi asupan gula harian maksimal hanya dua sendok makan saja. Andaipun kita ingin menambah gula pada kopi agar rasanya tidak terlalu pahit, ada baiknya kita menggunakan gula rendah kalori saja yang lebih aman.

Asupan kafein maksimal yang sebaiknya kita konsumsi setiap hari adalah 400 mg atau sekitar 1 hingga 2 cangkir saja. Jika kita mengkonsumsi kopi lebih banyak dari jumlah tersebut setiap hari, dikhawatirkan kita akan mengalami efek samping seperti susah tidur atau jantung berdebar-debar.

Tak hanya menurunkan risiko diabetes dengan signifikan, sebuah penelitian juga menghasilkan fakta bahwa konsumsi kopi secara teratur bisa menurunkan risiko kematian dini karena penyakit jantung hingga 21 persen.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar