Jumat, 06 Januari 2017

Kanker Rahim – Epidemiologi

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-wanita-panik

Sementara kanker endometrium memengaruhi usia reproduksi serta wanita menopause, 75% dari kanker endometrium terjadi pada wanita pasca menopause, dengan usia rata-rata diagnosis pada 61 tahun. Wanita premenopause berada pada peningkatan risiko jika mereka memiliki faktor risiko tertentu.

Endometrioid stadium bawah dari kanker endometrium telah dikaitkan dengan obesitas, nuliparitas (belum pernah melahirkan), siklus menstruasi anovulasi (tidak terjadi pembuahan), diabetes, dan hipertensi. Selain itu, wanita-wanita yang lebih muda berada pada risiko tinggi untuk kanker ovarium primer sinkron, dengan kejadian hingga 19-25%.

Kelompok lain perempuan pada peningkatan risiko kanker endometrium premenopause (sebelum periode menopause) adalah mereka dengan sindrom Lynch II, juga dikenal sebagai kanker kolorektal herediter nonpolyposis (HNPCC). Ini merupakan mutasi autosom dominan germline dalam perbaikan mismatch DNA (MMR) gen (MSH1, MSH2, MSH6) dan menyumbang 9% wanita berusia kurang dari 50 tahun dengan kanker endometrium.

Mutasi ini menyebabkan ketidakstabilan mikrosatelit di 90% kanker usus besar dan 75% dari kanker endometrium. Selain kanker usus besar, perempuan memiliki risiko kanker endometrium 40-60% pada usia 70 tahun, dibandingkan dengan risiko populasi dasar dari 1,5% pada usia yang sama. Sebanyak 51% wanita yang menderita kanker endometrium atau ovarium didiagnosis pertama sebagai kanker sentinel. Para wanita ini juga pada peningkatan risiko untuk kanker ovarium, lambung, usus kecil, sistem hepatobilier, pankreas, otak, payudara, dan ureter atau ginjal.

Kejadian kanker endometrium lebih tinggi di antara ras Kaukasian dibandingkan dengan wanita Asia atau kuit hitam, namun, angka kematian lebih tinggi di antara orang kulit hitam. Hal ini diduga karena akses perawatan yang lebih canggih dan diketahui pada stadium yang lebih dini pada ras Kaukasian.

Sarkoma uterus, terlepas dari subtipe histologis, lebih sering terjadi pada wanita kulit hitam. Leiomyosarcoma (LMS) cenderung terjadi lebih sering pada wanita berusia 30-50 tahun dibandingkan dengan karsinoma dan sarkoma stroma endometrium (EES), yang memiliki insiden lebih tinggi pada wanita berusia lebih dari 50 tahun. Meta-analisis ini menemukan tingkat estimasi Leiomiosarkoma terjadi pada 1 dari 2000 uteri yang diambil karena dianggap suatu fibroid jinak. Sistem perawatan kesehatan menemukan kejadian sarkoma uterus okultisme 3,6 per 1000 histerektomi untuk kejadian fibroid.

Kanker Rahim – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9


Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar