Selasa, 10 Januari 2017

Kanker Rahim – Penyebab dan Faktor Risiko

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Penyakit kista adalah momok bagi para wanita.

Adenokarsinoma endometrioid bisa karena kelebihan estrogen dari berbagai sumber, baik eksogen (sumber luar) atau endogen (dari dalam tubuh). Sumber eksogen meliputi terapi penggantian estrogen atau penggunaan tamoxifen. Tamoxifen meningkatkan risiko kanker endometrium oleh aktivitas agonis pada reseptor estrogen di lapisan endometrium. Sumber estrogen endogen termasuk obesitas dan polikistik ovarium sindrom (PCOS) dengan siklus anovulasi, atau tumor sel granulosa.

Peningkatan indeks massa tubuh juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker endometrium. Penelitian telah menemukan risiko 3 kali lipat pada wanita dengan kelebihan berat badan sebanyak 10–20 kg dan 10 kali lipat pada wanita dengan kelebihan berat badan di atas 20 kg. Androstenedion diubah menjadi estrone, dan androgen aromatized untuk estradiol dalam jaringan adiposa (jaringan lemak), yang mengarah ke tingkat estrogen yang lebih tinggi pada wanita obesitas.

Tabel 1. Faktor-faktor Penyebab Kanker Endometrium

Faktor RisikoJumlah Berapa Kali
Peningkatan Risiko
Terapi pengganti hormon estrogen saja (HRT)2–10 kali
Obesitas2–20 kali
PCOS (kista ovarium polikistik),
anovulasi kronik
3 kali
Tamoxifen2–3 kali
Nuliparitas2–3 kali
Menarche lebih dini,
menopause lebih terlambat
2–3 kali
Hipertensi dan diabetes2–3 kali

Faktor-faktor lain yang terkait dengan meningkatnya risiko seseorang terkena kanker endometrium diyakini terkait dengan mekanisme yang sama dari peningkatan kadar estrogen. Nulliparity dan infertilitas yang mungkin berhubungan dengan anovulasi kronis. Peningkatan penggunaan alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen. Menopause terlambat dan awal menarche dapat dikaitkan dengan siklus anovulasi lebih dan estrogen sehingga lebih dilawan.

Meskipun tidak ada bukti bahwa skrining untuk kanker endometrium pada populasi berisiko tinggi, seperti pasien tamoxifen atau pasien yang memiliki sindrom HNPCC, beberapa masyarakat menganjurkan skrining dengan biopsi endometrium dimulai pada usia 35 tahun pada pasien dengan HNPCC.

Faktor-faktor yang menurunkan estrogen berhubungan dengan penurunan risiko kanker endometrium. Penggunaan kombinasi lisan pil kontrasepsi selama 12 bulan mengurangi risiko kanker endometrium oleh lebih dari 40%. Demikian pula, wanita menopause mengambil hormon estrogen dan progesteron terapi penggantian gabungan juga telah ditemukan untuk menurunkan tingkat mereka kanker endometrium. Semntara itu, merokok diperkirakan akan menurunkan risiko kanker endometrium dengan menurunkan tingkat estrogen serta menyebabkan menopause lebih awal.

Kanker Rahim – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9


Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar