Jumat, 24 Agustus 2018

Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat_manfaat_jahe
Photo Source: Flickr/ Kjokkennutsyr Net

DokterSehat.Com– Jahe merupakan salah satu rempah yang berguna untuk membuat masakan terasa lebih lezat. Namun, tidak hanya sebagai penyedap masakan saja, manfaat jahe lainnya yakni untuk menjaga kesehatan serta merawat kecantikan tubuh.

Hal ini juga dibenarkan oleh sebuah penelitian yang mengatakan bahwa jahe dapat dijadikan sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa khasiat jahe yang perlu Anda ketahui:

Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Meredakan kembung

Jika perut Anda sering mengalami perut kembung akibat masuk angin atau gangguan pencernaan lainnya, Anda bisa mengonsumsi secangkir teh jahe. Sebab, secangkir teh jahe dapat membantu mengosongkan perut Anda yang telah dipenuhi oleh makanan. Khasiat jahe juga bisa membantu mengatasi rasa mual, terutama bagi Anda yang baru saja dalam masa pemulihan diri dari kemoterapi.

Baca juga: Manfaat Ekstrak Jahe sebagai Antioksidan Pada Kanker Prostat

2. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Seperti yang Anda tahu bahwa jika kolesterol Anda naik, maka akan berdampak buruk pada kesehatan, seperti meningkatkan risiko serangan jantung, darah tinggi, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi jahe secara rutin. Manfaat jahe untuk kesehatan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga dapat mengencerkan gumpalan darah.

3. Menyehatkan pencernaan

Senyawa fenolik pada jahe diketahui membantu meredakan iritasi gastrointestinal (GI), menstimulasi produksi air liur dan empedu, dan menekan kontraksi lambung saat makanan dan cairan bergerak melalui saluran pencernaan.

Pada saat yang sama, jahe juga tampaknya memiliki efek menguntungkan pada enzim tripsin dan lipase pankreas, dan untuk meningkatkan motilitas melalui saluran pencernaan. Ini menunjukkan manfaat air jahe bisa membantu mencegah kanker usus besar dan sembelit.

Baca juga: Manfaat Minyak Jahe: Mengatasi Peradangan pada Kulit

3. Membuat kulit bercahaya

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit bercahaya? Semua orang tentu ingin memiliki kulit sehat dan bercahaya, khususnya wanita. Sebab, jika kulit kusam dan kering maka akan menurunkan kepercayaan diri mereka. Maka tak heran jika mereka akan melakukan berbagai cara untuk merawat kulit mereka agar tetap sehat dan bercahaya.

Khasiat jahe dapat membuat kulit tampak bercahaya. Caranya Anda hanya perlu mengonsumsi jahe secara rutin. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi jahe diklaim dapat membantu memperbaiki penampilan kulit. Selain itu, juga bisa membantu menyembuhkan luka dan iritasi dengan cepat.

4. Memudarkan bekas luka

Karena sifat toning dan antioksidan, khasiat jahe dapat mengurangi bekas luka hipopigmentasi (bekas luka yang putih atau jauh lebih terang dari warna kulit). Cukup oleskan sepotong jahe segar ke area kulit bekas luka, dan biarkan mengering. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari setiap hari dan Anda akan melihat hasilnya dalam beberapa minggu. Selama beberapa bulan, bekas lukamu hampir tidak terdeteksi.

5. Merangsang pertumbuhan rambut

Jahe meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala, yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut. Banyaknya vitamin, mineral, dan asam lemak juga memperkuat untaian dan memerangi kerontokan rambut. Cobalah membuat masker rambut dengan bagian yang sama dengan parutan jahe dan minyak jojoba, dan pijat ke rambut, berkonsentrasi pada kulit kepala. Setelah 30 menit, bilas dengan sampo seperti biasa.

Baca juga: Begini Cara Diet yang Benar Menggunakan Jahe, Coba Yuk!

6. Mengurangi selulit

Selain detoksifikasi dan menyegarkan, khasiat jahe juga dikenal untuk mengurangi selulit. Merangsang sirkulasi dan nada kulit dengan scrub selulit lemon dan jahe sebagai penghilang selulit. Campurkan 1/2 cangkir gula, 1/4 cangkir minyak zaitun, 2 sendok makan jahe parut segar, dan perasan satu jeruk nipis. Ramuan ini bisa disimpan di kulkas hingga satu minggu.

Nah, itu dia manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan. Mudah dan murah kan? Selamat mencoba, Teman Sehat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar