Rabu, 15 Juni 2016

Pyro (John Allerdyce)


Pyro adalah salah satu tokoh antagonis yang ada pada komik Marvel. Sosok mutan yang dapat menguasai api ini diciptakan oleh seniman Chris Claremont dan John Byrne. Pyro muncul pertama kali pada komik berjudul Uncanny X-Men #141 yang diterbitkan Marvel pada bulan Januari 1981. Pyro juga merupakan anggota dari Brotherhood of Evil Mutants.

Siapa Pyro? Ia memiliki nama asli John Allerdyce. John lahir di Syney Australia. Bakatnya yang dapat mengendalikan api ia ketahui ketika dirinya remaja. Walau dapat mengendalikan api, John tak bisa memunculkan api layaknya yang bisa dilakukan Human Tourchdan Ghost Rider. Masa remaja John sangat kacau. Ia merupakan sosok tukang bully di sekolah. Bahkan John menggunakan kemampuannya untuk menjahili teman-temannya.

Kekuatan John kemudian diketahui oleh Xavier melalui Cerebro. Xavier pun kemudian mengundang John untuk bergabung di sekolah yang dimilikinya dengan harapan John itu dapat mengubah perilaku buruk John. Di X-Mansion (markas X-Men) tersebut, John kemudian mendapat julukan Pyro. Pada versi filmnya (X-Men dan X2), Pyro meninggalkan kelompok X-Men dan bergabung dengan Kelompok Magneto yang saat itu membenci manusia yang selalu mencoba untuk memusnahkan kaum mutan.

Sejak bergabung dengan kelompok Brotherhood of Evil Mutants, Pyro selalu membenci manusia dan ingin memusnahkan mereka. Kebenciannya semakin memuncak ketika dirinya melihat kaum mutan tewas dihabisi para manusia di depan mukanya.


Sebagai Mutan, Pyro memiliki kemampuan psionic untuk memanipulasi api sesuai dengan yang ia inginkan; meningkatkan atau menurunkan panasnya, intensitas, serta ukuran api tersebut. Dia tidak bisa membuat api sendiri, karena itu memakai kostum khusus yang bisa penyemburkan api. Kostum tersebut bisa menyemburkan api hingga jarak maksimum 25 kaki (7,6 m). Walaupun bisa mengendalikan api, Pyro bukan manusianya selalu tahan api seperti Human Torch sehingga dirinya bisa saja terbakar dengan api yang ia kendalikan sendiri.

0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar