Senin, 07 Januari 2019

11 Manfaat Daun Pandan untum Kesehatan (Bisa Lawan Sel Kanker)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-daun-pandan-doktersehat

DokterSehat.Com – Daun pandan adalah satu bahan makanan yang cukup sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk memberi aroma yang khas. Selain itu, daun pandan kerap kali dijadikan pewarna atau penambah rasa bagi beberapa jenis makanan dan minuman. Tahukah Anda manfaat daun pandan yang bisa didapatkan tubuh?

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Memiliki aroma yang khas, daun pandan juga kerap digunakan agar makanan atau minuman memiliki aroma yang alami. Dengan kandungan tannin, glikosida, dan alkaloid, daun pandan ternyata dapat bermanfaat bagi tubuh, berikut ini berbagai manfaat daun pandan:

  1. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun pandan yang pertama adalah kemampuannya menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak daun pandan mampu menurunkan kadar gula darah postprandial. Tak hanya itu, ekstrak daun pandan juga mampu meningkatkan produksi insulin pada sel pankreas. Hal ini tentu akan mencegah datangnya diabetes.

Menurut sebuah penelitian di Thailand yang diterbitkan oleh Pharmacognosy Magazine, teh/ekstrak pandan membantu seseorang menurunkan kadar gula dalam darahnya. Hal ini telah terbukti bahwa glukosa plasma dari orang yang diteliti telah menurun secara signifikan selama periode penelitian.

2. Meningkatkan nafsu makan

Meningkatkan nafsu makan juga menjadi salah satu khasiat dan pandan. Dengan menambahkan aroma pandan pada makanan, hal itu dapat merangsang nafsu makan dan rasa lapar Anda. Pada akhirnya, daun pandan juga memiliki khasiat khusus yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Guna mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda bisa memasukkan daun pandan ke dalam makanan sehari-hari. Jika Anda memiliki masalah nafsu makan yang serius, Anda dapat merebus daun pandan dan minum ramuan itu dua kali sehari.

3. Menetralisir racun di dalam tubuh

Manfaat daun pandan adalah bisa mengatasi keracunan. Caranya, Anda bisa membuat teh yang dibuat dari dari daun pandan sebagai pertolongan pertama. Kandungan daun pandan dipercaya mampu mendetoksifikasi racun yang ada pada tubuh, khususnya pada organ hati. Hal ini membantu mengeluarkan racun dan zat tidak sehat dari hati dan tubuh Anda.

Tak hanya itu, manfaat daun pandan lainnya juga bisa dijadikan pencahar ringan yang aman untuk dikonsumsi anak-anak yang mengalami sembelit.

4. Menjaga kondisi saraf

Percaya atau tidak, manfaat daun pandan lainnya yang bisa didapatkan adalah sebagai obat saraf. Minum air rebusan daun pandan bisa mengobati beberapa masalah saraf yaitu dengan meminumnya 2 kali sehari. Rebus 3 daun pandan dengan 3 gelas air, kemudian masak hingga tersisa kurang lebih 2 gelas.

4. Mengatasi nyeri

Sifat analgetik pada daun pandan bisa mengatasi rasa nyeri pada kepala, dada, kram perut, atau yang disebabkan oleh arthritis. Untuk mengatasi rasa nyeri pada bagian tubuh tersebut, Anda hanya perlu mengonsumsi teh daun pandan dua kali dalam sehari.

5. Mengatasi rematik

Manfaat daun pandan yang tidak disangka adalah kemampuannya mengatasi rematik. Bagaimana cara penggunaan daun pandan untuk rematik? Caranya, rebus daun pandan setelah itu air rebusannya bisa digunakan sebagai minyak gosok bersama dengan minyak kelapa di area tubuh yang terkena rematik. Bagian tubuh yang sering terkena rematik adalah lutut, kaki dan pergelangan tangan.

6. Mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe

Daun pandan yang ditumbuk dengan halus dan dicampur dengan air bisa dijadikan masker rambut yang dioleskan pada rambut dan kulit kepala. Rutin menggunakannya sebagai masker rambut, maka masalah rambut seperti kerontokan dan ketombe bisa hilang.

Daun pandan memiliki kemampuan untuk menyehatkan dan melembapkan rambut, maka hal itu juga akan membuat rambut Anda lebih kuat. Rambut rontok adalah masalah yang disebabkan oleh banyak faktor, namun faktor utamanya adalah kurangnya nutrisi rambut.

Rambut yang kurang gizi membuatnya lebih mudah untuk rontok. Oleh karena itu, menyuburkan rambut dengan mengaplikasikan masker daun pandan adalah solusi sempurna untuk memperkuat rambut. Ketika rambut dikuatkan, rambut rontok tidak akan terjadi lagi.

Manfaat daun pandan lainnya adalah merangsang pertumbuhan rambut. Ketika Anda secara teratur menggunakan daun pandan, rambut Anda akan tumbuh lebih cepat dan volumenya akan meningkat. Pada akhirnya, Anda akan memiliki rambut yang indah dan tebal.

7. Melawan kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa manfaat daun pandan bisa mengatasi kanker. Daun pandan bersifat antimitotic, apoptosis, antiproliferatif, dan efek sitotoksik. Berbagai hal ini mampu mencegah dan melawan pertumbuhan kanker.

 

8. Menyembuhkan diare

Karena daun pandan memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba, secara keseluruhan tanaman ini dipercaya dapat membersihkan mikroba berbahaya dari usus. Jika Anda menderita diare yang disebabkan oleh keracunan makanan atau bakteri, Anda bisa minum teh daun pandan untuk menenangkan rasa sakit dan menghentikan penyakit.

9. Meringankan perut kram

Teh daun pandan mungkin memiliki efek terapeutik untuk kram perut dan jenis sakit perut lainnya. Kram perut dapat terjadi sebagai gejala dari sejumlah penyakit termasuk gangguan pencernaan, keracunan makanan, dan penyakit radang usus. Selain mendapatkan manfaat daun pandan ini, rasa sakit yang muncul saat perut kram dapat berkurang.

10. Mengobati insomnia dan masalah tidur lainnya

Daun pandan mengandung tannin. Salah satu karakteristik tannin adalah efek penenangnya. Karena itu, makanan nabati yang mengandung tannin dapat digunakan untuk menenangkan saraf dan meningkatkan tidur nyenyak.

Daun pandan secara tradisional digunakan sebagai bahan untuk minuman herbal untuk mempromosikan relaksasi. Minum daun pandan teh herbal akan memecahkan masalah gangguan tidur, salah satunya adalah insomnia.

11. Meredakan stres

Manfaat daun pandan yang terakhir adalah kemampuannya mengatasi stres. Karena daun pandan memiliki beberapa sifat penenang, tanaman ini dapat mengurangi stres dan kecemasan yang Anda alami. Setiap kali Anda merasa bahwa Anda perlu bersantai karena tubuh sedang stres, cobalah minum segelas teh daun pandan.

Nah, itulah beberapa khasiat dan manfaat daun pandan yang berguna bagi kesehatan. Selamat mencoba!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar